Televisi dalam Pengajaran Kemahiran Berbicara
Sejalan
dengan kemajuan teknologi, guru dan siswa telah
mempergunakan televisi sebagai media penunjang pembelajaran.
Kegiatan belajar mengajar dalam pempergunakan media tersebut, siswa diharapkan
setidaknya mampu untuk mengenali dan menirukan dialog bahasa asing yang
telah dilakukan oleh penutur asli.
Kehadiran televisi ini dapat membantu meningkatkan kelancaran proses belajar
mengajar pada siswa . Selain itu siswa akan merasa senang ketika menyaksikan suatu tayangan berbahasa asing yang
disiarkan langsung dari stasiun televisi . Di samping itu, tingkat
pengetahuan siswa dalam mengenali dan kecakapan software lab bahasa berbicara juga bertambah.
Meskipun hasil belajar dan
antusiasme siswa bertambah dalam pengajaran kemahiran berbicara, namun
kelemahan-kelemahan televisi sebagai media pengajaran, sama halnya yang terjadi
pada film, yakni televisi terlalu menekankan pentingnya materi daripada proses
pengembangan materi tersebut. Kekurangan lainnya yang begitu mencolok adalah
sifat komunikasinya hanya satu arah.
Apabila pembelajaran melalui televisi dilakukan dengan siaran langsung, maka
yang pasti akan terjadi adalah kesulitan terintegrasikannya jadwal siaran
pembelajaran di televisi dengan jadwal pembelajaran di sekolah. Dari sifatnya
yang sentralistik ini, guru di sekolah sulit untuk mengontrol proses penyampaian
pesannya. Semoga bermanfaat, jangan lupa kunjungi arionindonesia.co.id untuk info lebih lanjut. Terima Kasih
Komentar
Posting Komentar