Televisi dalam Pengajaran Kemahiran Berbicara


Sejalan dengan kemajuan teknologi, guru dan siswa telah mempergunakan televisi sebagai media penunjang pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar dalam pempergunakan media tersebut, siswa diharapkan setidaknya mampu untuk mengenali dan menirukan dialog bahasa asing yang telah dilakukan oleh penutur asli.
Kehadiran televisi ini dapat membantu meningkatkan kelancaran proses belajar mengajar pada siswa . Selain itu siswa akan merasa senang ketika menyaksikan suatu tayangan berbahasa asing yang disiarkan langsung dari stasiun televisi . Di samping itu, tingkat pengetahuan siswa dalam mengenali dan kecakapan software lab bahasa berbicara juga bertambah.

Meskipun hasil belajar dan antusiasme siswa bertambah dalam pengajaran kemahiran berbicara, namun kelemahan-kelemahan televisi sebagai media pengajaran, sama halnya yang terjadi pada film, yakni televisi terlalu menekankan pentingnya materi daripada proses pengembangan materi tersebut. Kekurangan lainnya yang begitu mencolok adalah sifat komunikasinya hanya satu arah.
Apabila pembelajaran melalui televisi dilakukan dengan siaran langsung, maka yang pasti akan terjadi adalah kesulitan terintegrasikannya jadwal siaran pembelajaran di televisi dengan jadwal pembelajaran di sekolah. Dari sifatnya yang sentralistik ini, guru di sekolah sulit untuk mengontrol proses penyampaian pesannya. Semoga bermanfaat, jangan lupa kunjungi arionindonesia.co.id untuk info lebih lanjut. Terima Kasih 

Komentar

Postingan Populer